Daftar Gunung Tertinggi di Jawa Timur

Daftar Kunjungan Wisata

  • Durasi Lama Wisata

    Harga Paket

    Peserta Harga/Orang
    5 Orang Rp.
    6 Orang Rp.
    7 Orang Rp.
    Peserta Harga/Orang
    8 Orang Rp.
    9 Orang Rp.
    10 Orang Rp.
    Harga diatas adalah Per setiap orang.
    Harga tidak berlaku pada moment Hi-season
    Harga dengan jumlah berbeda, Hubungi kami.

    Fasilitas Paket

    Sudah Termasuk
  • Mobil transport wisata

  • Tiket masuk wisata

  • Snack & Water drink

  • Tidak Termasuk
  • Tiket pesawat/kereta

  • Pengeluaran pribadi

  • Asuransi perjalanan

  • Biaya diluar itinerary

  • Itenary Wisata

  • Deskripsi Paket

    Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pegunungan, baik yang aktif maupun pasif. Pulau jawa merupan bagian cincin api dimana banyak sekali titik-tikik gunung berapi di pulau jawa ini. Pada jaman dahulu gunung merupakan tempqt suci atau sakral yang membuat gunung mempunyai cerita sejarah, kemistisan, dan keunikan tersendiri.

    Di pulau jawa tepatnya di bagian timur yang bisasa di sebut jawa timur merupakan salah satu provinsi yang mempunyai banyak gunung. Kurang lebih jawa timur memiliki 180 gunung dengan ketinggian diatas 1.000 mdpl. Dari jumblah tersebut hanya beberapa yang populer di minati para wisatawan atau para pendaki.

    gunung tertinggi di jawa timur

    Gunung gunung besar di jawa sebagian besar adalah gunung yang masih aktif. Begitupun di jawa timur, bahkan gunung terbesar di jawa letaknya pun berada di jawa timur. Berikut merupakan deretan beberapa gunung terbesar di jawa timir.

    1. Gunung semeru

    Gunung semeru merupakan gunung berapi tertiggi peetama di pulau jawa dan tertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian yaitu 3.676 mdpl. Gunung semeru sendiri memiliki julukan tempat abadi para dewa. Danau ranu kumbolo merupakan tempat terkenal di gunung semeru. Naman puncak tertinggi gunung semeru adalah mahameru. Banyak pendaki yang ingin menaklukkan puncak mahameru ini. Akan tetapi banyak juga pendaki yang menjadi korban di gunung ini, 5 cm merupakan film tentang pendakian ke puncak mahameru ini, gunung semeru sendiri letaknya di antara kab. Malang dan kab. Lumajang.

    • Gunung arjuno

    Gunung arjuno merupakan gunung yang mempunyai ketinggian 3.339 mdpl. Susuai namanya gunung ini menyimpan kisah legenda tentang tokoh perwayangan arjuno. Naman puncak gunung arjuno di namai puncak ogal-agil dengan tanda bebatuan besar. Hal unik yang di miliki gunung arjuno adalah adanya alas lali jiwo yang telah di kenal kemistisannya oleh para pendaki.

    • Gunung welirang

    Gunung welirang merupakan gunung yang bersebelahan dengan gunung arjuno. Ketinggian gunung welirang adalah 3.156 mdpl dan memiliki kawah belerang yang masih aktif hingga saat ini. Area yang panas dan bercampur belerang membuat para pendaki tidak bisa berlama lama di atas puncak gunung welirang.

    • Gunung lawu

    Gunung lawu merupakan gunung yang memiliki banyak cerita mistis. Gunung ini sangat di sakralkan karena terdapat petilasan raja terakhir majapahit yang berada di puncaknya sekaligus terdapat cerita tentang prabu brawijaya. Gunung lawu memiliki ketinggian 3.625 mdpl. Di sekitar lereng gunung lawu juga terdapat sisa sisa reruntuhan yang disebut pasar dieng. Hargo dumilah merupakan nama puncak tertinggi di gunung lawu. Selain itu di gunung lawu terdapat tempat berziarah dan tempat warung tertinggi di Indonesia yaitu warung mbok yem. Gunung lawu terletak di antara jawa timur dan jawa tengah.

    • Gunung raung

    Gunung raung merupakan salah satu gunung di jawa yang sangat susah untuk di daki, karena butuh keahlian panjat tebing untuk mencapai puncak gunung lawu. Gunung raung memiliki ketinggian 3.334 mdpl. Gunung raung berada di 3 kabupaten yaitu kab. Besuki kab. Banyuwangi dan kab. Bondowoso.

    • Gunung ijen

    Gunung ijen merupakan gunung yang memliki kawah beleang yang  dapat menghaislkan api biru alami yang tentunya sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Api biru alami sendiri hanya ada bebrapa di dunia, salah satunya kawah ijen ini. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.799 mdpl ini memang menyajikan pemandangan yang sangat indah. Apalagi saat dini hari saat air kawah berwarna hijau tosca berpadu dengan api biru dan lereng gunung yang putih serta di tambah sinar jingga matahari yang mulai muncul. Sungguh pemandangan yang indah.

    • Gunung argopuro

    Gunung argopuro adalah gunung yang menyimpan sejarah nasional dan juga legenda dewi rengganis. Gunung dengan ketinggian 3.088 mdpl ini berada di kab. Situbondo. Gunung argopuro sendiri memiliki gelar jalur pendakian terpanjang di pulau jawa. Gunung argopuro menyajikan trek pendakian yang indah dengan adanya savana luas dan danau taman hidup. Gunung argopuro memliki dua puncak yaitu puncak rengganis dan puncak argopuro. Selain itu gunung ini di kenal angker atau msitis oleh para pendaki dan penduduk setempat karena adanya sejarah kelam di gunung argopuro ini.

    • Gunung butak

    Gunung butak merupakan puncak tertinggi di kalangan pegunungan putri tidiur dengan ketinggian 2.868 mdpl. Gunung butak memiliki padang savana yang indah dan pemandangan alam yang cukup mempesona. Di banding dengan gunung gunung yang lainnya gunung butak memang tidak begitu poluler. Akan tetapi trek pendakian ke gunung butak tidak kalah menantang dengan pegunungan lainnya. Gunung butak berada di perbatasan kab. Malang dan kab. Blitar.

    Itulah deretan beberapa gunung tertinggi dan populer di area jawa timur. Untuk pendakian ke daftar gunung tersebut jangan lupa membawa peratalan keselamatan yang lengkap dan yang paling penting tetap menjaga sopan santun. Semoga menambah pengetahuan tentang pegunungan yang ada di jawa timur.

    Berlibur ke pegunungan memang bisa membuat refresh, namun tidak semua orang memiliki keberanian untuk mendaki ke gunung yang tinggi, kami rekomendasikan Anda untuk ke gunung bromo, kenapa ? karena gunung bromo tak memerlukan tenaga ekstra untuk mendaki, gunung bromo sangat mudah untuk dikunjungi, lebih mudah lagi apabila Anda memesan paket wisata malang bromo agar semuanya tekordinasi dengan rapi